Thursday 26 November 2009

situ-situ / danau kota depok

SITU KOTA DEPOK


1. SITU BESAR LIO

situ besar lio berada di depok atau kampung lio depok , luas dan bersih dari eceng gondok dan keramba , sudah ada wisata air walaupun hanya dua perahu , bebekan , serta 1 perahu penyeberangan . sudah con blok sisinya. perlu pengembagan lebih lanjut apabial digunakan tempat wisata keluar , perlu tambahan tam,an , dan parkir serta tempat kuliner yang tertata apabila ingin dikembangkan oleh pemda depok dan investor .







2.SITU UI

Lokasi : berada di kompleks universitas indonesia karena hampir 40% kompleks ini di aliri air situ yang tersebar dalam kampus , sepanjang dataran rendah kampus ui merupakan daerah situ yang terawat .



Photo ini adalah photo lama 2009 ,situ dekat balairung ui, ketika para pemancing masih bebas memancing , namun sekarang tidak diperbolehkan dan ada plang dilarang memancing lagi dari pihak ui untuk konservasi dan keindahan , untuk pengunjung umum dan keluarga biasa ramai pada hari minggu / libur karena tempatnya teduh dan biasanya mereka membawa keluarga berwisata alam di kampus ui.

Gedung rektorat UI






3. SITU CILODONG


Lokasi : situ cilodong terletak






4.SITU CILANGKAP

Lokasi : berada di daerah kelurahan cilangkap depok berbatasan dekat dengan jalan cibinong
sudah di con blok sepanjang tepi danau situ , hanya sebagai situ pengairan belum terdapat perahu bebek , bersih dari eceng gondok

5. SITU RAWA KALONG




Gerbang Pintu Masuk Situ Rawa Kalong
Situ Rawa Kalong Cimanggis Depok

Lokasi Situ ini ada di belakang pabrik di jl. raya bogor
untuk mencapai lokasi ini memang tidak ada petunjuk sedikitpun keberadaan situ rawa kalong apabila kita meliwati jalan raya bogor Cimanggis , Mungkin karena potensi yang ada di rawa kalong untuk wisata belum di kembangkan lebih lanjut , dari lokasi dapat dilihat bahwa situ rawa kalong pernah di buatkan jalan setapak dari konblok , namun seiring waktu jalan tersebut sebagian rusak , tidak ada wisata perahu bebek seperti nsitu yang lain , masih terdapat keranda ikan masyarakat dan masih terlihat sedikit ecek gondok .
Untuk dapat masuk melalui jl. Nangka / Ciamggis raya setelah bertemu dengan pwertigaan pertama . belok kanan , ikuti jalan bertembok tersebut sekitar 1 km. untuk kendaraan roda dua dapat melalui gang sempit persis depan Rumah sakit sentral medika .




6. SITU PEDONGKELAN / SITU ARMAI
Situ ini berda di daerah berbatasan antara kota depok dan jakarta timur :
dari margonda menuju jalan akses ui menuju pal , setelah bertemu markas komando Brimob, diujung markas terdapat jalan umum ambil kiri , sekitar 500 m , bertemu pertigaan , ikuti terus sekitar 1 km , ada situ pedongkelan

jalan kendaraan bermotor sudah diturap dan di beton serta di pagar sepanjang jalan .
di sekeliling situ sudah di konblok , kondisi situ bersih , sudah ada wisata air perahu bebek , ada tempat parkir dan warung- warung warga namun tidak ada taman atau pepohonan yang rindang , banyak di kunjungi oleh para pemancing







7. SITU PLADEN



Situ Pladen berada di di kecamatan beji , tepatnya apabial dari depok jaya , masuk ke jl arif rahman hakim . sebelum flyover ambil kiri
lalu belok kiri menuju kompleks kujang pintu gerbang sekitar 100 m dari pertigaan .


8. SITU PULO PANCORANEMAS
Situ Pulo Terdapat di kecamatan Pancoranemas Depok , dengan luas 7 hektar , terdapat saung istirahat , lahan parkir , sudah di konblok rapih , warung kopi , dan perahu bebek rp.8000 /3 0 menit yang dikelola pemda depok .
lokasi : tepatnya dibelakang Gardu PLN Jl. Bonang / jl keadilan raya ,untuk mobil dapat melalui jalan dari jembatan serong ke arah arco depok setelah melewati gardu induk /gitet tegangan tinggi PLN , akan ada jl. Garuda 1 , Ikuti jalan tersebut dengan mengikuti tembok Gardu/ gitet jaringan PLN tsb. Situ tersebut tepat dibelakang Gardu/Gitet jaringan PLN.
kalau dari jl. raya pitara dapat melalui gg. indah ada plang bidan hanya dapat dilalui motor seberangi jembatan kali sekitar 100 meter dari jalan raya .mobil bisa masuk tapi 1 badan mobil lebih baik melalu jalan garuda 1 , gardu induk PLN .

Sering juga situ pulo di jadikan tempat lomba mancing dengan menebar ikan samapai dengan 2 ton.






9. SITU CITAYAM DEPOK

Situ citayam berada di daerah Citayam berada di perbatasan antara depok dan bogor , tepatnya ada di belakang Stasiun kereta Citayam , atau di daerah hek depok, dari margonda ada menuju jalan raya citayam , setelah bertemu stasiun citayam , terus menyebrang rel melewati pasar akan bertemu pertigaan pasar citayam yang ada pos pol citayam , belok kanan menuju pitara setalah bertemu perempatan sekitar 1 km ada gerbang situ citayam ambil kanan lagi.

dari depok jaya atau sawangan dan melalui jalan pitara atau jalan keadilan argo yang bertemu demnganm jembatan serong lanjutkan ke jalan raya cipayung sampai bertemu gerbang situ citayam ambil kiri .

Fasilitas wisata air perahu bebek , ada kolam pemancingan pinggir situ , serta banyak pemancing umum , seputar situ suda di kon blok , bersih , dan perlu di tata lagi untuk di kembangkan lebih lanjut .



Gerbang situ citayam


Situ Citayam Kota Depok

PARA PEMANCING SITU CITAYAM KOTA DEPOK


10.SITU PENGASINAN




SITU PENGASINAN KOTA DEPOK

Situ pengasinan terletak di wilayah kelurahan pengasinan sawangan kota depok
merupakan daerah wisata air untuk keluarga di kota depok, dengan tersedianya perahu bebek , flying fox , taman penghijauan maupun tempat istirahat dengan warung -warung yang ada di tepi situ .serta daerahnya yang udaranya sejuk , dengan latar belakang gunung salak
dapat di tempuh dari jalan margonda menuju jl. raya sawangan setelah melewati Perumahan rivaria dan RSUD Kota Depok akan tertemu pertigaan pengasinan Gbr 1 dari pertigaan tersebut , setelah 1,8 km berjalan akan bertemu gerbang selamat datang situ wisata air pengasinan , Kalau dari jalan raya bogor pertigaan bojong sari sawangan ke pertigaan pengasinan berjarak 2 km . gbr 2 dari gerbang lanjut sekitar 200 m lagi anda akan menemui sitpengasina. ket : dari gerbang menuju setu jalannya belum mulus dan lebarnya hanya cukup satu mobil .memang perlu penata lebih lanjut . fasilitas seluruh tepi setu telah di lapisi dengan semen konblok dan tertata rapi , terdapat wisata air perahu bebek dengan biaya Rp. 6000 /15 menit yang disediakan oleh pemda kota depok , dan flying fox siapa berani Rp. 8000 / sekali terjun . terdapat tempat pemancingan berbayar /kilo, serta ada juga pemancingan gratis dengan daerah mancingn umum yang nyaman , terdapat warung-warung yang sudah tertata.
Jika kita inggin berkeliling menelusuri tepi setu pengasinan dengan sepeda atau berjalan kaki , keliling danau tersebut 1.8 km , lumayan kalau keliling jalan kaki .
jalan gerbang setu juga digunakan oleh penduduk untuk mengambil jalan menuju kelurahan duren seribu maupun duren mekar


11.SITU JATIJAJAR

Situ Jatijajar terletak di kelurahan jatijajar kecamatan tapos , berada didekat jalan raya bogor dari jalan raya bogor kurang lebih 100 meter . terdapat tempat wisata air perahu bebek , tepian situ telah di konblog walaupun tidak lebar . terdapat rumah makan , yang ramai di hari sabtu dan minggu












12. SITU SITU BARU / SITU STUDIO ALAM TVRI DEPOK

Situ studio alam , berada di seputaran studio alam TVRI , berada di jalan studio alam depok , dari margonda . menuju depok depok 2 . tepat jl.tole iskandar , pertigaan depok 2 lurus , 300 meter dari pertigaan depok 2 ada jl. pertigaan studio alam ikuti terus sekitar 1 km .



13. SITU GADOG

situ dalam kondisi kritis dan tumbuh ilalang
Situ gadog berada di jalan Radar AURI atau jalan menuju tol cibubur , apabila anda dari jalan raya bogor depok dan masuk jalan Radar auri sekitar 500 meter setelah turunan dan ada plang serta saluran irigasi disebelah ruko bengkel motor ada jalan kecil dan gerbang situ gadog yang permanen namun tidak terlihat dari jalan raya , akses jalan kecil dan yang memprihatinkan adalah situ itu menjadi ilalang dan tak banyak air , air hanya untuk irigasi , semoga situ ini dapat dimanfaatkan maksimal , mungkin pihak yang berwenang menunggu anngaran dana rehab nya yang belum ada.




14. SITU GEDE

Lokasi daerah cibubur

15. SITU JALAN BARU JUANDA

Lokasi situ ini berada di tengah potongan jalan baru juanda depok kalau anda dari margonda dan mengambil arah ke jalan juanda sekitar 30 meter setelah jembatan akan di dapat dilihat situ di sisi kiri maupun kanan jalan , kondisi bersih , belum ada wisata air , sebagian di konblok namun perlu penata lebh lanjut.

16. mungkin masih ada beberapa situ yang tidak terdikteksi di karena karena kering atau sudah tertutup ilalang , atau di gunakan untuk hal lain , yang belum terdapat dalam blog ini , semoga bermanfaat.

lebih lengkap: http://depok-expose.blogspot.com/search/label/wisata%20lingkungan%20situ%20%2F%20danau

No comments: